Mengenal Blog

Setiap orang ingin mencapai sukses dalam hidupnya. Salah satu upaya ini dapat dilakukan melalui bog. Namun pertanyaan yang muncul di benak kita, apakah mungkin kita dapat mewujudkan kesuksesan melalui blog? Jika tidak demikian maka  judul meraih sukses melalui blog merupakan slogan kosong yang tidak bermakna bagi kita. Sebaliknya jika benar maka blog patut dijadikan sebagai salah satu peluang menggapai cita-cita yang kita impikan. Cita-cita yang kita impikan mesti terwujud tetapi bagaimana caranya. Sekarang perhatikan uraian judul postingan ini.
Judul dalam artikel ini yaitu mengenal blog. Blog yang dimaksud disini yaitu blog yang bersifat free alias gratis. Ingat! walaupun gratis tetapi sangat berkualitas (dibutuhkan banyak orang di seluruh dunia). Siapa yang tidak kenal blogspot. Semua kalangan usia sekolah bahkan usia kerjapun sudah mengenal blogspot.
Jadi, mari kita berusaha mengenal blog, khususnya blogspot. Untuk maksud ini kita akan susun dan membahas pengenalan blog dengan pokok-pokok berikut ini:

1. Apa itu Blog?

Blog merupakan singkatan dari "web log". Web log adalah bentuk aplikasi dari web yang mempunyai tulisan-tulisan, foto dan video yang dimuat sebagai postingan pada halaman sebuah weblog atau web.  Pada awalnya, blog digunakan sebagai jurnal (catatan pribadi) seseorang yang berisi tulisan, foto, video yang dibuat sendiri. Dengan kata lian, blog digunakan sebagai  media (perantara) informasi diary (catatan harian)  atau event-event yang bersifat pribadi.

2. Siapa penemu Blogspot?

Evan Williams, seorang entrepreneur Amerika Serikat. Salah satu usaha yang terkenal yaitu Blogger. Blogger adalah orang yang menggunakan blog sebagai media untuk mempublikasi diary berupa tulisan-tulisan tentang perjalanan, foto dan video yang kemudian diposting di blog.
Pada tanggal 23 Agustus 1999, blogger diluncurkan oleh seseorang yang bernama Pyra Labs. Ini merupakan salah satu trobosan dalam prangkat publikasi blog yang pertama di dunia. Berbagai kemajuan yang dialami blogger, kemudian pada tahun 2003, Pyra Labs dibeli atau diakuisisi oleh Google. Beberapa layanan dalam blog yang bersifat berbayar, setelah dibeli oleh Google maka dijadikan gratis. Pyra Labs adalah sebuah badan usaha yang didirikan oleh Evan William. Ketika diakuisisi oleh Google, Evan William bekerja di Google sampai mundur dari Google tahun 2004. Google kemudian melanjutkan Blogger menjadi media yang bersifat gratis untuk siapa saja di seluruh dunia.

 
3. Perbedaan dan Persamaan Blog dengan website 

Website atau web site atau cukup ditulis site yang dalam bahasa Indonesia kita sebut situs merupakan sekumpulan halaman web yang saling berhubungan. Kumpulan halaman website itu umumnya dikenal melalui sebuah alamat internet yang disebut dengan Uniform Resource Lecator (URL). Melalui URL inilah kita dapat melihat halaman website melalui browser internet seperti melalui firefox atau google crome. Setiap kali kita mengakses sebuah website, harus dilakukan melalui URL, tidak ada yang tanpa URL. Contoh URL: http atau https dan www kemudian tambah nama alamat webiste (domain) dan diakhiri dengan ekstensi seperti: com, info, id dll.
Jadi, perbedaannya adalah blog bersifat pribadi tetapi juga bersifat komunitas. Sementara website bersifat umum. Namun perbedaan ini agak sulit karena ada website yang bersifat pribadi. Persamaan blog dan website adalah sama-sama menggunakan URL dan kode HTML.
Blog juga dapat ditingkatkan menjadi website (berbayar). Perbedaan dan persamaan blog dan website agak suit dilakukan disini secara sangat jelas. Akan tetapi uraian ini sekiranya menolong memahami perbedaan blog dan website.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Melalui Blogger